Disclaimer: Tulisan ini dinilai menurut pengalaman pribadi, ditunjukkan khusus kepada "oknum" tanpa bermaksud merusak nama baik Perusahaan yang bersangkutan
Sabar... sabar... sabar...
Untuk pertama kalinya saya menulis dalam keadaan kesal dan bingung. Kesal karena merasa tertipu, bingung karena merasa komplain-an saya masih menggantung tanpa kejelasan yang pasti.
Jadi tanggal 3 September 2018 saya memesan 1 unit Smartphone dari toko online bernama engineshop di Tokopedia. Saya merasa tidak ada kecurigaan atau kekhawatiran sama sekali karena sebelumnya saya sudah sering melakukan transaksi di Tokopedia yang bahkan nilainya melebihi transaksi saya yang sekarang ini. Namun setelah pembayaran saya jalankan (via Indomaret), saya melihat ada yang aneh dari sistem pengiriman di Tokopedia kali ini.
screen shoot system-tracker di Tokopedia
Dari gambar diatas, kalian bisa lihat sendiri. Pada awalnya sempat ada pergantian driver dan nomor resi (ini tidak saya tampilkan karna menurut saya tidak terlalu penting), lalu pukul 13.43 oknum Driver melakukan pengantaran pesanan yang seharusnya ke saya sebagai pihak pembeli, namun pukul 13.48 (hanya selang 5 menit saja) oknum Driver sudah meng-update status pengiriman menjadi "Pesana Tiba di Tujuan" disini saya mulai ada curiga, kok bisa kirim barang hanya 5 menit saja? padahal saya dan penjualnya saja tidak tetangga-an, masa iya secepat kilat dia sampai dirumah saya, saya rasa tidak mungkin. Atas dasar kecurigaan saya yang sudah kuat, saya memutuskan sebelum klik tombol "Konfirmasi Penerimaan Barang", lebih baik saya telepon ke orang rumah dahulu untuk memastikan kembali (karena kebetulan saya posisinya di kantor, dan barang saya kirim langsung kerumah sabagai kado ulang tahun Bapak saya-tadinya-) dan jawaban orang rumah buat saya bingung dan mulai stres karena mereka bilang tidak ada Driver yang datang antar barang atau apapun itu. Lalu saya beralih menelepon oknum Driver ke nomor yang tertera pada system-tracker yang pada awalnya telepon tersambung beberapa kali, namun kemudian nomor tidak aktif. Setelah sedikit panik, saya langsung inisiatif klik tombol "Komplain" lalu masuk ke Pusat Resolusi karena saya takut jika telat sedikit nantinya sistem Tokopedia secara otomatis akan menyelesaikan pemesanan yang berarti orderan saya dianggap selesai dan pembayaran akan dilanjutkan ke Penjual. Bahaya. Gawat :(
Lanjut, setelah saya klik tombol Komplain, saya juga langsung chat personal ke penjual, jawaban penjual seperti yang sudah saya tebak dia merasa sudah memberikan barang pesanan saya kepada oknum Driver Grab, dan sudah semestinya menjadi tanggung jawab penuh pihak Grab. Walaupun pihak penjual menyatakan demikian, namun ia cukup membantu saya dalam proses komplain pada sistem Tokopedia, ia menjelaskan kronoligisnya ke pihak CS Tokopedia dan sedikit menenangkan saya kalau kejadian seperti ini sering terjadi namun pihak Grab akan menanggung ganti rugi kehilangan barang. Oke saya cukup tenang tapi tetep kesal karena seharusnya Bapak saya sudah menerima kadonya.
Setelah beberapa menit saya dan pihak penjual masuk ke Pusat Resolusi, akhirnya muncul juga CS Tokopedianya dengan jawaban yang kurang menyenangkan, pihak CS Tokopedia masih harus memproses komplain ke pihak Grab dan memerlukan waktu beberapa hari ke depan. Karena saya bukan tipikal orang yang bisanya hanya menunggu, sore hari sekitar pukul 16.34 saya menelepon sendiri ke pihak CS Grab untuk melaporkan apa yang sedang terjadi. Komplain saya ditangani oleh CS bernama "Sulis", setelah saya sebutkan nomor resi, plat nomor dan nama Driver, serta kronologi singkatnya, saya diminta menunggu pihak Grab melakukan penyelidikan dan nantinya pihak Grab akan melaporkan updatenya ke saya. Jadi kembali lagi, saya tetap masih harus menunggu.
Keesokan harinya, tepatnya tanggal 4 September saya memutuskan untuk kembeli menelepon pihak Grab, ternyata komplainan saya sudah masuk dalam sistem mereka, jadi yasudah saya coba tunggu sambil sesekali tengok website Tokopedia siapa tau ada kabar update yang lebih menyenangkan dari pihak CSnya. Nah malam harinya sekitar pukul 8 malam, saya mendapat telepon dari nomor pribadi (bukan nomor kantor) yang mengaku dari pihak Grab, namanya Pak Widi. Beliau menanyakan kronologis dari awal sampai akhirnya saya membuat laporan kepada pihak Grab lalu beliau juga bilang kalau sampai 3x24 jam itu pihak oknum driver belum juga memberikan kofirmasi ataupun kabar apapun, pihak Grab akan mengganti rugi dan mengirimkan barang pesanan ke saya langsung, jadi intinya diganti oleh mereka gitu. Yasudah setelah mendenger penjelasan dari Pak Widi saya lebih tenang kan...berati sudah jelas saya hanya diharuskan menunggu 3 hari (sampai Jumat 7 September) kalau masih seperti ini juga ya berati saya dapat ganti rugi, cukup menyenangkan walaupun saya tetap merasa dirugikan waktu dan pikiran.
Oh iya, pada saat saya mengobrol dengan Pak Widi (saya merasa dia sepertinya pihak yang sedang menyelidiki kasus saya), saya sempat bertanya apakah ada pihak lain yang melaporkan kasus saya ini, beliau menjawab ada yaitu pihak penjual. Lalu saya tanya bagaimana dengan pihak Tokopedia, dan kalian tau jawabannya? "pihak Tokopedia belum ada laporan ke kami ataupun melakukan komplain sama sekali" huah rasanya kesal kali ini hati. Percuma berati CS itu menjawab komplainan saya sampai bilang mau ditelurusi dulu lah, diperiksa dulu lah, kalau ternyata mereka masih berdiam diri. Coba bayangin kalau saya dan si pihak penjual tipikal orang yang pasif? mau sampai kapan pesanan saya menggantung seperti ini?
Masukan saja, lebih baik sistem penanganan keluhan/pusat resolusi dari Tokopedia diperbaiki lagi. Jangan cuma menjawab hanya untuk menenangkan customer sesaat/membuat customer diam. Tapi bertindaklah juga. Walau melibatkan pihak ke-tiga pun (Grab) tidak seharusnya pihak Tokopedia berdiam diri. Lalu untuk pihak Grab kedepannya semoga sistem security nya lebih ditingkatkan. Mungkin lebih harus selektif dalam menerima Driver bisa dengan memperbanyak persyaratan dll.
Dan untuk pembeli seperti saya, sepertinya harus lebih banyak berdoa agar tidak mendapat cobaan seperti ini. hiks.
Tulisan ini saya buat murni bukan untuk menjelekkan pihak manapun. Saya hanya ingin membagikan peristiwa yang saya alami supaya kedepannya bisa jadi pembelajaran bagi siapapun termasuk saya sendiri.
Semoga kedepannya tidak ada oknum yang mencoba jahat dengan mengambil barang orang lain. Sadarlah, semua perbuatan kita akan diminta pertanggung jawabannya oleh Allah.
Nb: siapa tau ada yang kenal, ini detail jelas Drivernya, kalau kenal saya titip salam, tolong sampaikan namanya bagus tapi tidak sesuai akhlaknya, sayang sekali.
Nama Driver : Lutfi Adimulya Maulana
Telepon : 085959030404
No Plat : B 3307 SOS
Bagikan
Paket Tokopedia hilang dicuri oknum Driver Grab!
4/
5
Oleh
ceritapinoy